Thursday, February 19, 2015

Mengunjungi Candi Borobudur Yang Mengagumkan

Borobudur Jawa Tengah
Begaya di Pelataran Masuk Candi Borobudur - Magelang Jawa Tengah
Mengunjungi Candi Borobudur - Beberapa waktu lalu saya bersama keluarga menyempatkan diri berkunjung ke salah satu tempat yang sangat terkenal di dunia yaitu Candi Borobudur.

Sekilas mengenai Borobudur, Candi yang terletak di Kabupaten Magelang Propinsi Jawa Tengah ini sangat mempesona mata apalagi perawatannya yang baik menurut saya membuat Candi yang didirikan di jaman Wangsa Syailendra ini tetap berdiri tegak dan masih alami, semula saya kira Candi Borobudur ini sudah termasuk Daerah Istimewa Jogjakarta, eiiiit ternyata dari Borobudur jarak tempuhnya memakan waktu kurang lebih 2 Jam perjalanan yang artinya Jauuuuh :D dan tidak termasuk DIY.

Pertama datang di kawasan Candi saya langsung berjalan dari tempat parkir ke loket masuk, hmmm bagi saya yang sudah lama tidak berkunjung ke sana, arah dari tempat parkir ke loket masuk agak membingungkan :D. Namun dengan teguh hati akhirnya saya meneukan petunjuk arah menuju kesana.

Mengenai biaya tiket masuk Candi Borobudur untuk dewasa umum dibanderol Rp. 30.000 per tanggal 07 Pebruari 2015, hmm murah sih! Kalo rombongan anak sekolah bisa dapat dispensasi khusus seperti potogan harga, asalkan bisa menunjukan surat ijin perjalanan dari Dinas Pendidikan tempat asalnya (menarik bukan).

Ceritanya saya sudah melewati pintu masuk yang terbilang ketat, tertapat pintu Metal Detector disana, o iya bro kalo masuk ke kawasan Candi Borobudur tidak boleh membawa tas besar, makanan atau minuman barangkali supaya gak buang sumpah eh sampah sembarangan ya :D. Yang baru ane tahu setelah sekian lama, ternyata sekarang sebelum masuk ke Candi, semua pengunjung wajib mengenakan kain berwarna ungu dan bergambar Borobudur, dan saya tidak tahu juga apa nama kain tersebut, yang jelas saya lilitkan di pinggang seperti foto berikut ini:

Candi Borobudur
Foto di Candi Borobudur Berlatar Gunung Merapi
Latar fotonya bagus kan bro, terlihat disana keindahan gunung Merapi yang sempat menggegerkan kita dengan berita ledakannya beberapa tahun yang lalu.

Disekitaran Candi Borobudur sepertinya sekarang ini kitak tidak bisa bebas berbuat nyeleneh seperti menuliskan nama kita dan apapun bentuknya yang bisa merusak kelestarian Candi itu sendiri. Apalagi kamu yang suka corat-coret dinding jangan ada niat sedikitpun untuk melakukannya di Candi Borobudur, pasalnya di setiap sudut Candi banyak sekali tim pengamanan yang berjaga, hmmm sekali saja kamu melanggar seperti duduk di atas Stupa kamu bakalan langsung ditegur oleh mereka, kan malu cin,,,seperti inilah Bapak Petugas keamanan di Candi Borobudur (yang saya kasih lingkaran hijau pada gambar di bawah ini).

Petugas Pengamanan Candi Borobudur
Ada lagi sob, ketika kamu keluar dari pelataran Candi disana banyak banget pedagang cendera mata, nah diantara toko cendera mata itu ada pintu masuk ke sebah Museum (ane juga baru tahu), di dalam museum tersebut terdapat beberapa Artefak dan batu-batu bersejarah dari Candi Borobudur tempo dulu. Berikut ini beberapa foto yang saya ambil disana:

Museum di Borobudur

Museum di Borobudur 2

Museum di Borobudur 3

Untuk menemukan pintu masuk ke Museum ini kamu harus konsentrasi, soalnya agak tersembunyi gitu :D, demikianlah informasi yang bisa saya berika mengenai kunjungan ke Candi Borobudur yang menakjubkan, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda, terima kasih.

0 comments

Post a Comment

Silahkan beri komentar dengan sopan dan tetap menjaga etika, komentar yang mengandung iklan, pornografi, pelanggaran HAM, rasis dan link hidup kemungkinan besar tidak akan kami tampilkan, terima kasih.