Tuesday, May 26, 2015

Wisata Taman IPTEK "Sanggaluri" Kabupaten Purbalingga

Pintu masuk Sanggaluri Park, sebuah patung semar raksasa yang mencerminkan kekentalan budaya disana.
"Sanggaluri" Kabupaten Purbalingga - Akhirnya bisa jalan-jalan lagi nih, kalo kpernah berkunjung ke kabupaten purbalingga, disa terdapat beberapa tempat wisata terkenal seperti Wisata Air Keluarga "Owabong" dll. Salah satu nya yang terkenal lagi adalah sebuah taman ilmu pengetahuan lebih atau bisa disebut Taman Iptek bernama "Sanggaluri Park" yang letaknya tidak jauh dari objek wisata air Owabong.


Langsung saja kita ceritakan keseruannya, pertama kita masuk melalui sebuah pintu masuk yang memukau, sebuah gerbang patung Semar besar tersenyum yang menyambut kedatangan anda, harga tiket masuk disana terbilang murah sob, pas admin ke sana sih cuma Rp. 12.000 per orang saja. Spot pertama yang saya tuju adalah Taman Reftile, jadi begini ceritanya di dalam itu terdapat banyak sekali sub wisatanya bro, jadi tidak hanya satu macam saja. Kalo kita bahas mengenai Taman Reftile dari namanya saja sudah kita ketahui kalo di dalam taman tersebut terdapat beberapa macam Reftile seperti Kura-kura, Buaya, macam-macam Ular dan beberapa spesies kupu-kupu, dan ada juga beberapa binatang lainnya walaupun tidak termasuk Reftile, bisa dikatakan bahwa ini adalah kebun binatang mini bro, berikut ini beberapa Reftile yang ada di sana:

Kuya Batok (Bahasa Sunda) Kura-kura sungai kali ya kalo dalam Bahasa Indonesianya
Ini Pa Aya lagi nyariin Bu Aya, hehe...Jangan lewat pembatas ya nanti takutnya dicapluk sama yang ini,,,kikikik
Satu lagi nih yang harus kamu perhatikan baik-baik, setahu saya kalo ular kepalanya kayak gini bisanya beracun banget, jadi hati-hati ya bro
Ini keren ya sob, berbagai jenis kupu-kupu dibentuk menjadi sesuatu yang yang sangat menarik, namun sayang juga kupu-kupunya banyak gini mati semua :D
Masih mengenai kupu-kupu yang di susun menuruthabitatnya yang tersebar di seluruh Indonesia.
Selesai melihat-lihat di Taman Reftile, saya langsung menuju ke titik yang lain yaitu Museum Wayang, dimana terdapat beberapa jenis Wayang diantaranya Wayang Golek, Wayang Kulit dan Wayang Cepak (Cirebon), selain itu juga terdapat beberapa Artifak Kuno seperti batu, peralatan kuno dan perhiasan kuno. Supaya tidak penasaran silahkan lihat beberapa foto berikut ini:

Pintu Masuk Museum Wayang - Sanggaluri Park Purbalingga
Wayang koleksi museum wayang Sanggaluri Park Purbalingga
Deretan Wayang Dewa koleksi Museum Wayang Sanggaluri Park Purbalingga
Wayang Golek Bima Koleksi Museum Wayang Sanggaluri park
Seru gak tuh, lumayan banyak juga koleksi wayangnya dan selain wayang-wayang itu disana juga terdapat koleksi batu kuno dan perhiasan kuno:

Koleksi batu dan artefak di Museum Wayang Sanggaluri Park Purbalingga
Sekarang kita tinggalkan Museum Wayangnya, dari situ admin jalan lagi menyusuri spot selanjutnya, secara lumayan luas juga Sanggaluri Park ini, di perjalanan saya melihat sesuatu yang menarik perhatian yaitu sebuah keran air yang terlihat melayang, langsung saja saya yang penuh penasaran ini menghampirinya, hmmm ternyata kran air melayang itu disangga oleh pipa yang transfaran, makanya terlihat seperti melayang sob, ini dia penampakannya:

Kran Air melayang di Sanggaluri Park - Purbalingga
Nah lanjut jalan lagi sob, ada pemandangan unik lagi disini yaitu sebuah kompor sumbu setinggi kurang lebih 1,3 meter, ya walupun gak tinggi-tinggi amat tetap saja saya suka melihatnya, kan tidak setiap hari juga melihat hal semacam ini:

Temen admin foto bareng Kompor Raksasa nih,,, :D
Lanjut-lanjut, jalan lagi dan ketemu beberapa hal yang tidak akan kita temukan di tempat biasa atau hari-hari kita yang biasanya, walaupun admin kurang mengerti beberapa hal yang ada disana namun saya sangat menikmati pengalaman berkunjung ke Taman Iptek Sanggaluri Park Purbalingga,

Ini keren banget gak siiiiih, tanaman kecil yang dibentuk seperti Ember Air Tumpah, kalo sama anak pasti dia betah nih maen disini, saya juga :D

Kalo ini harusnya kena sensor ya, tapi gak apa-apa deh kalo bisa membuat para pembaca senang
Katanya ini adalah tempat Manasik Haji kalo gak salah, jadi orang yang akan pergi haji latihan dulu disini, koreksi kalo salah!
Mungkin patung-patung katak ini mempunyai makna yang khusus, namun saya sendiri tidak tahu apa itu, bisa juga ini hanya sebuah karya seni saja.
Habis capek muter sana muter sini akhirnya sampai di deretan beberapa Spot Wisata Sanggaluri Park lagi, kali ini semangat nambah lagi nih. Yang pertama saya singgahi adalah Museum Uang bro, girang banget nih batin saya denger uang gini, eh ternyata di dalamanya hanya Uang Jaman Dulu dari Indonesia dan seluruh dunia, kan gak laku uang kayak gitu mah. Tapi ini mengandung sejarah Indonesia masa kini terbentuk karena ada Indonesia maa lalu, bener gak? Berikut ini penampakan dari Museum Uang Sanggaluri Park Purbalingga:

Ini penampakan gedung Museum Uang Sanggaluri Park
Di Dalam Museum uang tuh isinya uang kayak gini bro, gak ada uang 100 ribuan :D

Ini yang mantap sob, saya pribadi sih demen banget sama Sepeda antik ini bisa terawat dengan baik, hmmm
Kalo gak sala ini masih di dalam Museum Uang deh, apa bukan ya? Lupa saya...Keren banget kan Kamera Kuno sama Telepon Kunonya, pengen punya buat di Rumah

Ini keren abis nih patung...

Kalo ini bukan bagian dari Sanggaluri Park ya sob...

Ini yang paling keren, bisa di bayangkan orang Indonesia jaman dulu sudah bisa membuat Perahau seperti ini, hmmm manusia sekarang bisa gak ya?
Sepertinya sudah lengkap semua apa yang saya dapatkan dari berkunjung ke Taman Iptek Sanggaluri Park Purbalingga, selalu menjadi pribadi yang menghargai Sejarah dan Peninggalan jaman dulu ya, karena semua itu adalah cikal bakal keberadaan kita sekarang ini, sampai jumpa di petualangan Tookme.Asia berikutnya, sampai jumpa!!

0 comments

Post a Comment

Silahkan beri komentar dengan sopan dan tetap menjaga etika, komentar yang mengandung iklan, pornografi, pelanggaran HAM, rasis dan link hidup kemungkinan besar tidak akan kami tampilkan, terima kasih.