Wednesday, October 14, 2015

Resep Membuat Nasi Uduk Betawi Komplit Sederhana

Cara Membuat Nasi Uduk Betawi - Ada beberapa jenis kuliner yang menjadi ikon dan ciri khas suatu kota dan tempat, salah satunya yang menjadi makanan khas dari Jakarta dan Betawi adalah Nasi Uduk yang terkenal klezatannya, nasi uduk ini adalah salah satu olahan nasi yang memadukan rempah tradisional Indonesia dan resep turun temurun dari daerah betawi itu sendiri, jika anda belum pernah mencicipi nasi uduk betawi khas Jakarta ini jangan khawatir karena anda bisa mencoba membuatnya di rumah.

Membuat nasi uduk gurih dan enak bisa anda lakukan dengan mudah, dan semoga saja nasi uduk ini bisa memberikan alternatif hidangan untuk keluarga terinta anda dikala hidangan lain dirasa membosankan, mari kita mulai membuat nasi uduk khas betawi dengan langkah dan resep berikut ini, kita mulai:
Ilustrasi Nasi Uduk Khas Betawi Enak

Bahan utama membuat nasi uduk betawi:

  • 500 gram beras kualitas bagus
  • 1 butir kelapa (dibuat santan)
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang sereh, potong dan ambil bagian putihnya saja lalu memarkan.
  • 2 lembar daun panda, bersihkan dan ikat simpul
  • Garam secukupnya

Bumbu dan bahan pelengkap nasi uduk betawi:

Nasi uduh memang wajib diberi pelengkap, karena tanpa lauk sepertinya menikmati nasi uduk betawi akan kurang lengkap, berikut ini adalah pelengkap dan lauk yang bisa anda siapkan.
  • Beberapa potong ayam goreng, anda bisa membaca cara membuat ayam goreng disini.
  • Telur dadar yang diiris-iris.
  • Goreng bawang
  • Tempe goreng yang dipotong memanjang.
  • Sambal pedas, anda bisa melihat beberapa resep sambal disini.
  • Kerupuk udang

Proses pembuatan nasi uduk betawi khas Jakarta:

  1. Pertama kita bersihkan beras, rebus beras dengan santan taburkan garam secukupnya, supaya meresap ke dalam nasi.
  2. Tambahkan daun salam, daun sereh dan daun pandan ke dalam rebusan, aduk sesekali untuk meyakinkan santan meresap ke dalam beras, setelah santan menyusut dan terserap sempurna ke dalam beras, angkat.
  3. Pindahkan rebusan beras ke dalam dandang yang kemudian kita kukus beras tersebut selama 30 menit saja, namun untuk meyakinkan lebih baik anda yakinkan apakah beras telah benar-benar matang menjadi nasi atau belum.
  4. Setelah benar-benar matang, angkat nasi uduknya dan buang sisa daun salam, daun pandan dan daun sereh yang tadi kita masukan.
  5. Nasi uduk khas betawi anda sudah jadi, sajikan bersama bahan pelengkap yang sudah kita sediakan tadi, dan nasi uduk kita siap di nikmati.
Bahagiakan keluarga dengan hidangan sepesial nasi uduk khas betawi ini, semoga artikel Tookme.asia mengenai Resep Membuat Nasi Uduk Betawi Komplit Sederhana ini bisa bermanfaat bagi bunda dan keluarga, ceritakan pengalaman memasak anda di komentar ya bunda, terima kasih telah berkunjung dan sampai jumpa di resep menarik lainnya.

0 comments

Post a Comment

Silahkan beri komentar dengan sopan dan tetap menjaga etika, komentar yang mengandung iklan, pornografi, pelanggaran HAM, rasis dan link hidup kemungkinan besar tidak akan kami tampilkan, terima kasih.