Wednesday, October 14, 2015

Resep Membuat Sambal Terasi Sunda Pedas Dan Nikmat

Cara Membuat Sambal Terasi Sunda - Dari seluruh sambal yang ada di Indonesia, ada satu jenis sambal yang identik dengan lidah orang sunda yaitu sambal terasi, sambal ini biasa muncul dalam keseharian orang-orang sunda yang menyukai pedas, memang benar sebagian orang sunda tidak merasa puas ketika makan tanpa ditemani oleh sambal terasi pedas, nah apakah anda ingin tahu bagaimana ransa dari sambal terasi sunda ini?

Untuk membuat sambal terasi ini bahan wajibnya sama dengan sambal lain, hanya saja kita menambahkan terasi ke dalamnya, sambal terasi ini cocok sekali dihidangkan dengan berbagai lalaban hijau segar, kalo di sunda mah mantap pisan lamun nyoel peuteuy atawa jengkol kana sambel tarasi :D. Bagaimana cara membuatnya, mari kita mulai membuat sambal terasi sunda dengan langkah-langkah sebagai berikut ini:
Ilustrasi Sambal Terasi Pedas Khas Sunda

Bahan utama untuk membuat sambal terasi sunda:

  • 1 sendok teh air jeruk limau
  • 1 buah tomat segar (potong-potong)
  • 2 sendok teh terasi (bakar terlebih dahulu)
  • 4 butir bawang merah (bersihkan jangan diiris)
  • 3 siung bawang putih (bersihkan dan jangan diiris)
  • 7 buah cabe merah keriting
  • 10 buah cabe rawit merah (jumlah bisa disesuaikan dengan selera anda)
  • Minyak goreng secukupnya
  • Garam secukupnya

Proses pembuatan sambal terasi pedas:

  1. Panaskan minyak goreng secukupnya dengan api sedang.
  2. Goreng bawang merah, bawang putih, tomat, cabe merah dan cabe rawit hingga semua bahan layu. Angkat dan tiriskan.
  3. Siapkan cobek, ulek semua bahan yang kita goreng barusan hingga setengah halus.
  4. Lalu tambahkan terasi ulek sampai tercampur rata, masukan garam dan gula merah secukupnya, cicipi utuk menyempurnakan rasa.
  5. Tambahkan air jeruk limau, ulek lagi hingga rata dan hidangkan.
Sekarang sambal terasi sunda sudah bisa anda nikmati bersama dengan keluarga tercinta, kalo ingin mencoba lalabannya bisa dengan daun singkong, krema, semanggi dan daun lalaban lainnya yang biasa disantap oleh orang-orang sunda seperti saya, anda juga bisa mencoba resep sambal balado dan resep sambal bajak di blog ini. Demikianlah artikel Tookme.asia mengenai Resep Membuat Sambal Terasi Sunda Pedas Dan Nikmat, semoga bisa bermanfaat bagi anda dan keluarga dan terima kasih telah berkunjung.

0 comments

Post a Comment

Silahkan beri komentar dengan sopan dan tetap menjaga etika, komentar yang mengandung iklan, pornografi, pelanggaran HAM, rasis dan link hidup kemungkinan besar tidak akan kami tampilkan, terima kasih.